Panduanrakyat
Peristiwa

Gunung Semeru Erupsi, Warga Berhamburan Selamatkan Diri

PANDUANRAKYAT, JAWA TIMUR- Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi.

Gunung api itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh.

Pantauan tvOnenews.com, Gunung Semeru yang berketinggian 3.676 meter itu mengakibatkan hujan abu di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Anggota Polsek Candipuro yang sedang berjaga di sana bergegas meminta warga dan sopir-sopir truk pengangkut pasir segera menyingkir. Sebelumnya masyarakat berkumpul untuk melihat banjir lahar dingin yang menerjang kawasan itu.

“Ayo Pak, menyingkir, Pak,” kata Ismail, salah satu petugas Polsek Candipuro.

Ismail meminta masyarakat segera meninggalkan lokasi karena berpotensi bahaya.

Sementara itu, Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

“Warga Desa Sumberwulung mengungsi, terjadi erupsi Gunung Semeru. Semua orang khawatir. Semua orang ketakutan mengungsi,” ujar seorang pria dalam video.

“Ya Allah, ALlah Akbar. Ya Allah,” teriak salah seorang warga yang ketakutan sambil berlari menghindari awan panas.

Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan gulungan awan panas yang membuat warga panik dan suasana mencekam. Masyarakat berlarian ke jalan menjauh dari arah gunung.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak terkait. (*)