Panduanrakyat
Buton

Tekan Inflasi di Buton, Pj Bupati Mustari Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan

PANDUANRAKYAT, BUTON- Pemerintah Kabupaten Buton menggelar panen raya padi dan cabai untuk menekan angka inflasi, khusus di Kabupaten Buton.

Panen dilakukan di Kelurahan Watumatobe dan Desa Wakangka, Kecamatan Kapontori, pada Sabtu, 11 November 2023.

Hadir dalam panen itu, Penjabat Bupati Buton, Drs.Mustari, M.Si bersama Tim Pengendalian Inflasi (TPID).

Padi yang dipanen merupakan jenis M 70 D yang berusia panen 70 hari dengan luas lahan sebesar 8 hektar.

Selain memanen, Pj Bupati Mustari memulai Gerakan Tanam Cabai di Balai Penyuluhan Pertanian di Desa Wakangka.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Buton, Drs.Mustari, M.Si terlihat membuka ruang menyerap aspira para petani.

Pj. Bupati Buton dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena disituasi iklim yang cukup panas, dapat melakukan panen padi sehingga menjadi salah tambahan produksi beras dalam menangani inflasi.

“Saya secara pribadi dan kelembagaan sangat mengapresiasi karena dalam keadaan el nino kali ini musim kering dimana-mana, tapi ada satu wilayah di Kabupaten Buton Kelurahan Watumatobe, Kecamatan Kapontori kita panen. Saya kira ini adalah salah satu langkah kita untuk menangani inflasi yang juga menjadi 8 program prioritas presiden,” ungkapnya.

Kemudian, Pj. Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan kepada para kepala, PPL, dan para kelompok tani untuk mengedukasi seluruh masyarakat untuk memanfaatkan pekarangannya yang dulu programnya kenal dengan nama Pekarangan Pangan Lestari atau P2L.

“Mari kita galakkan pemanfaatan pekaranga rumah kita. Jika pekarangan sempit kita bisa memanfaatkan pot untuk tanam tamanan hortikultura. Kalau seluruh pekarangan di Kecamatan Kapontori dan Kabupaten Buton ini dimanfaatkan dengan baik daya kira inflasi daerah akan dapat kita kendalikan,” jelasnya.

Pj. Bupati Buton bersama unsur Forkompida Kabupaten Buton melakukan Panen Padi jenis M 70 D. Masyarakat Kapontori yang didampingi para penyuluh menyambut antusias kedatanga Pj., Bupati Buton bersama rombongan.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton tersebut menyempatkan diri berdialog dengan para petani dan para penyuluh Pertanian termasuk kelompok tani di Kecamatan Kapontori.

Kecamatan Kapontori merupakan salah satu lumbung padi dan hortikulutra di Kabupaten Buton. Di saat el nino yang berdampak pada kekeringan berkepanjangan justru Kecamatan Kapontori dapat melaksanakan panen padi. (*)