Panduanrakyat
Sultra

Tata Birokrasi, Pj Bupati Mubar Terapkan Sistem Kontrak Kinerja OPD

PANDUANRAKYAT, MUBAR-Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri akan mengoptimalkan pencapaian target kinerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Caranya, Bahri akan menerapkan sistem Kontrak kinerja pada setiap OPD sehingga lebih optimal dan tepat sasaran sertapengelolaan keuangan daerah tertib, transparan dan akuntabel.

Dengan begitu, Bahri yakin realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga dapat ditingkatkan.

“Setelah penataan birokrasi, saya akan kontrak kinerja pada semua kepala OPD. Jadi dia punya anggaran dan wajib realisasikan anggaran tiap bulan berapa, disitu kita akan tau,” ungkapnya.

Dari hasil kontrak kinerja ini, Bahri akan menjadikan salah satu bahan review kinerja para kepala OPD.

“Ini saya sudah naikkan TPP, anda (para kepala OPD) saya minta untuk kerja optimal. Dan itulah menjadi bahan evaluasi saya terhadap OPD yang dimaksud,” katanya.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu juga menambahkan akan merubah pola-pola pelaksanaan kegiatan yang membutuhkan perencanaan atau Detailed Engineering Design (DED).

“Itu kita anggarkan lebih awal, misalnya kalau DEDnya belum ada, kita akan percepat di perubahan APBD, contohnya di perubahan APBD ini kita akan membangun masjid, kantor Bupati, dan DPRD, itukan membutuhkan DED, jadi kita percepat DEDnya,” jelasnya.

“Maka nanti setelah perubahan APBD ini itu dimulai dari perubahan RKPD, dasar perubahan RKPD kita menetapkan KUA dan PPAS. Ketika di perubahan KUA dan PPAS sudah sepakat antara saya dan DPRD, jadi disitu kita sudah bisa lelang mendahului dulu, kita percepat.” Lanjutnya.

Disamping itu juga Bahri mengungkapkan akan meninjau ulang program kegiatan saat ini, mana yg berpotensi tidak dapat terserap oleh SKPD, yang diperkirakan belum prioritas maka pelaksanaannya ditunda dulu.

“Lalu bentuk tim asistensi tim anep yang akan dipimpin oleh pak sekda dan akan memberi teguran bagi yang tidak mencapai target, “pungkasnya

Saat ditanyak soal mutasi jabatan, Pj. Bupati menjawab “biarkan itu menjadi surprice dimasyarakat, yang pasti dalam waktu dekat ini dan kita akan laksanakan dengan cara yang baru,” ungkapnya.

Peliput: Joni Rahim