Panduanrakyat
Wakatobi

Proyeksi Pertumbuhan Pariwisata Wakatobi, Bupati Haliana Workshop Bersama Lintas Kementrian Susun Dokumen ITMP

PANDUANRAKYAT, WAKATOBI- Bupati Haliana menjamu kedatangan tim Bappenas bersama PUPR, Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian Investasi serta Pemerintah Provinsi di Kabupaten Wakatobi 20 Juli 2022 lalu.

Kedatangan pemerintah pusat dan provinsi itu dilangsungkan dengan Workshop Proyeksi Pertumbuhan Pariwisata Wakatobi sebagai bagian dari penyusunan dokumen ITMP (integrated tourism masterplan) Wakatobi 2020-2045.

“Insya Allah akan ditetapkan dengan Peraturan Presiden. Workshop ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Konsultan ITMP yang didanai oleh World Bank. Pelaksanaan Workshop melibatkan K/L terkait meliputi Bappenas, PUPR, Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian Investasi serta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Wakatob,” jelas Kabag Humas Pemkab Wakatobi, La Ode Ifi melalui whatsapp Sabtu, 23-7-2022.

Lanjut, ia menjelaskan terkait kedatangan itu, Pemerintah Kabupaten Wakatobi dengan sepenuh hati menyambut baik atas keberpihakan Pemerintah Pusat dan World Bank untuk meletakkan skenario terintegrasi dan jangka panjang bagi Pembangunan KSPN Wakatobi menjadi Destinasi Wisata Berkelas Dunia kebanggaan Indonesia.

Hal itu sebagai wujud keseriusan dan total commitment untuk akselarasi pembangunan kepariwisataan dan pembangunan infrastruktur daerah maka pasca workshop dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

“Kegiatan peninjauan lapangan menjangkau semua pulau di Wakatobi yang langsung dipimpin oleh Bupati Wakatobi Bapak H. Haliana, SE dengan Kepala Pusat Wil III BPIW Kementerian PUPR Bapak Dr. Rudy Siahaan serta Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas Bapak Dr. Leonardo Teguh Sambodo serta Project Leader ITMP Mr. Thomas Bauer. Peninjauan Lapangan diprioritaskan kepada Lokasi Pembangunan KSPN yang akan dibangun tahun ini dan prioritas sampai dengan 2024 dan juga rencana pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih dan sanitasi” jelasnya.

“Terima kasih dukungan multipihak untuk Masa Depan Pariwisata Wakatobi yang terintegrasi dan berkelanjutan,” sambungnya.

Peliput: Ika Fitriani