Panduanrakyat
Sultra

Pj Bupati Bahri Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem di Mubar

PANDUANRAKYAT, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus mendorong percepatan penurunan kemiskinan ekstrem di wilayah hukumnya.

Bentuk percepatan penghapusan, Pj Bupati Mubar, Bahri meminta kepada organisasi perangkat daerah dalam hal ini dinas sosial, lurah dan kepala desa agar segerah melakukan pendataan kepada masyarakat yang tergolong kemiskinan ekstrem.

Tujuan pendataan ini untuk membantu pemerintah mengambil keputusan dalam menganggarkan penerima bantuan melalui APBD Muna Barat.

“Saya ingin tahu berapa masyarakat Mubar, yang masuk kategori kemiskinan ekstrem agar kita bisa anggarkan melalui APBD Kabupaten,” jelasnya saat memimpin apel gabung di halaman Kantor Bupati, Senin (20/6/2022).

Ia menjelaskan yang di katakan kemiskinan ekstrim itu, yakni masyarakat yang berpengasilan kurang dari Rp 28 ribu. Selain itu, Bupati juga meminta para kepala desa untuk mendata kelompok penerima manfaat yang belum tertangani oleh dana desa.

Lebih lanjut, ia menjelaskan data masyarakat kemiskinan ekstrem ini, harus berdasarkan musyawarah desa dan kelurahan.

Usai itu, baru lah Bupati akan memastikan penyusunan dan memproritaskan anggaran dalam APBD untuk pengentasan kemiskinan ekstrim.

“Saya akan melaporkan di kemendagri bagaimana percepatan penanganan kemiskinan ekstrim di Mubar”, pungkasnya.

Penulis : (S)