Panduanrakyat
Wakatobi

Kunjungan Presiden di Wakatobi, Bupati Haliana Diam-diam Ketemu Jokowi, Minta PLN di Kaledupa dan Binongko Dinyalakan 24 Jam

ketgam: Bupati Wakatobi, Haliana / Foto: Istimewa

PANDUANRAKYAT.COM, WAKATOBI– Bupati Wakatobi, H. Haliana ternyata tidak ingin kehilangan kesempatan berharga saat kunjungan Presiden Joko Widodo menghadari Rapat Kerja Nasional ( Rakornas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) SUMMIT 2022 di Kabupaten Wakatobi 8- 10 Juni 2022 beberapa waktu lalu.

Haliana rupanya diam-diam meminta kepada Presiden Joko Widodo dapat mempercepat pembangunan sejumlah program strategis di Kabupaten Wakatobi.

Termasuk pembangunan listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dan Binongko.

Kata Bupati H. Haliana saat kunjungan itu, ia menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Kabupaten Wakatobi yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tetapi masih belum sejahtera dengan listrik. Terdapat dua pulau yang belum memiliki listrik 24 jam.

“Saya menyampaikan, bahwa kami di Wakatobi masih ada 2 pulau itu juga menjadi KSPN karena Wakatobi ini seluruh pulaunya KSPN. Masih ada 2 pulau yang belum memiliki listrik 24 Jam”, ujarnya saat bertemu dengan para media di cafe Parame Jumat, 25 Juni 2022.

Lebih lanjut, ia menjelaskan mendengar penyampaian itu, kata dia Presiden menyampaikan kepada Menteri Bahlil Lahadalia untuk dipikrikan, bahkan Jokowi berpesan bila Bupati berkunjung ke Jakarta untuk di ingatkan kembali supaya memanggil Direktur PLN.

“Pak Jokowi kebetulan ke Pak Bahlil di sampaikan Bahlil, tolong juga di pikirkan. Saya sampaikan Pak Bahlil kalau Pak Bupati ke Jakarta tolong kasih tau saya supaya kita panggil direktur PLN”, lanjutnya.

Disamping itu, kata dia sebenarnya Pemerintah Kabupaten Wakatobi sudah melakukan sejumlah langakah, salah satunya dengan membuat MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepakatan dengan pihak PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar (Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat) untuk mengatasi masalah listrik di Kaledupa dan Binongko. Dalam MoU itu PLN berjanji akan lakukan menyahuti harapan warga di dua pulau tersebut.

“Akan tetapi, komunikasi komunikasi dengan PLN sekarang kita sudah bikin MoU sekarang kita masih menunggu draf RKAS-nya, yang lalu juga Pak JM wilayah PLN Sulselrabar itu sudah memberikan statement kepada kita janji bahwa itu mereka akan lakukan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia menjelaskan untuk mendukung pengentasan listrik di Kaledupa dan Binongko, Pemkab Wakatobi sudah menyediakan anggaran sesuai kebutuhan PLN.

“Nah kita di Wakatobi sudah punya komitmen besar untuk menganggarkan sesuai dengan apa yang di minta oleh PLN sendiri untuk bisa mengcover penyediaan bahan bakar solar untuk 2 pulau ini. Kemudian kita juga dari segi  untuk kepastian penganggarannya juga sebelumnya kita konsultasi ke BPKP dan BPKP juga sudah memberikan rekomendasi kepada kita bahwa itu sesuatu yang di bolehkan,” jelasnya.

“Anggarannya sudah siap tinggal menunggu saja dari mereka dan saya yakini bahwa itu jadi,” tutupnya.

Peliput: Ika Fitriani