Panduanrakyat
Buton

Buka Latihan Wawasan Kebangsaan, La Bakry Ajak Masyarakat Tanam Pala dan Kelapa

PANDUANRAKYAT, BUTON- Bupati Buton, La Bakry membuka kegiatan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila. Giat berlangsung di Gedung Serbaguna Wakoko, Pasarwajo, Kamis, 18 November 2021

Acara yang mengusung tema ‘Pemuda Berjati diri Pancasila Ditengah Era Globalisasiā€ merupakan inisiasi dan kerjasama antara Dewan Koordinasi Nasional Jaringan Muda Ketahanan Nasional (DKN JAMTANAS) dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI )

Dihadapan peserta pelatihan, Orang Nomor Satu di Buton itu menyambut baik adanya kegiatan kepemudaan ini. Ia bilang kegiatan macam ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Buton melainkan di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai wujud dukungan program kegiatan Kemenpora RI.

Lebih lanjut, Bupati Buton menjelaskan kegiatan ini tidak hanya berhenti disini saja. Tetapi bisa berkembang dan bersinergi dengan organisasi lainnya dan program pemerintah daerah.

“Ada program pariwisata, pertanian, perikanan, kepemudaan dan semua itu ditujukan untuk masyarakat Buton yang paling utama untuk mengembangkan wawasan dan kapasitas pribadi dari ilmu pengetahuan dan ekonomi,” tutur Bupati.

Lebih lanjut, Ketua Bapera Sultra ini menjelaskan dalam rangka pelatihan ideologi, subtansi kegiatannya harus dipahami dan di amalkan oleh seluruh anak negeri, wajib mengetahui ideologi secara utuh dan menyeluruh.

“Kesinambungan ideologi Pancasila sejak pertama dicetuskan dan seterusnya hingga hari ini anak negeri harus tahu karena pemuda sebagai pewaris bangsa,” ungkapnya.

Lanjut, ia menjelaskan di bidang pariwisata sudah siap akan destinasi unggulan. Begitu pun karang taruna, dan pertanian, saat ini, pihaknya lagi mendorong seluruh masyarakat Buton untuk menanam komoditas ekspor, seperti pala dan kelapa Genja yang secara ekonomi mempunyai nilai yang tinggi.

“Sehingga para pemuda bisa mengeksplor segala komoditas utama Kabupaten Buton dan bisa memilih apa saja yang menjadi masa depannya,” kata Ketua DPD Golkar Buton.

Tidak hanya itu, kepada 125 peserta mewakili seluruh jajaran Pemkab Buton, Bupati berharap pemuda yang hadir dapat menjadi harapan bangsa Indonesia khususnya untuk Kabupaten Buton. (*)