Panduanrakyat
Buton Desa

Rencana Pembangunan Desa Bonelalo Tahun 2024, Kades La Ode Asman Prioritaskan Usulan Warga

Ketgam: Kepala Desa Bonelalo, La Ode Asman, SE / Foto: Panduanrakyat.com

PANDUANRAKYAT, BUTON- Kepala Desa Bonelalo, La Ode Asman, SE, menjadikan aspirasi yang terserap melalui kegiatan Musyawarah Desa sebagai prioritas dalam rencana pembangunan desa di tahun 2024.

Prioritas yang dimaksud seperti aspirasi yang berkaitan dengan pelayanan publik bagi masyarakat. Misalnya, jalan tani dan ketahan pangan.

Menurutnya hal ini sehubungan dengan peningkatan kualitas layanan publik bagi masyarakat, khususnya di wilayah adminitrasi pemerintah Desa Bonelalo.

“Kita menyesuaikan dengan progres dan usulan masyarakat. Yang jelasnya prioritas. Kayak jalan tani, ketahanan pangan,” Ujar dia saat ditemui Panduanrakyat.com di Kantornya, Desa Bonelalo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Senin (18/12/2023).

“Yang jelasnya mana usulan warga kami lihat mana skala prioritas,” Tambahnya.

Lanjut, ia menjelaskan selain usulan, rancangan pembangunan desa juga merujuk pada peraturan pemerintah. Seperti pencegahan stunting dengan pemberian makanan tambahan ibu hamil dan balita.

“Kita merujuk juga ke tetapan pemerintah, kalau masih ada BLT, tetap BLT juga,” Ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pambangunan jalan tani sangat penting untuk menunjang mobilisasi hasil pertanian.

“Jalan tani, akses pertanian. Supaya memudahkan mereka mengakses hasil-hasil pertanian, apakah itu koprakopra, padu dan hasil-hasil yang lain, seperti nilam dan lainnya,” Jelasnya (Gus)