Panduanrakyat
Wakatobi

Pakaian Adat Kapipi Warnai Peringatan Hardiknas di Wakatobi

Keterangan: Suasana Upacara Hardiknas di Lapangan Lamedadi, Binongko, Wakatobi/ Foto: Panduanrakyat.com

PANDUANRAKYAT, WAKATOBI-Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 di Lapangan Lamadadi, Kecamatan Binongko, Jumat (13/5). 

Mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”, ada yang berbeda pada upacara peringatan kali ini. Pasalnya para peserta upacara mengenakan pakaian adat tradisonal daerah setempat, Kapipi

Pengawas sekolah di Kecamatan Binongko, Sapuddin,S. Pd. SD menjelaskan bahwa upacara yang di laksanakan hari merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Pendidikan.

“Memang ini adalah aturan atau kebijakan dari pemerintah pusat dalam hal ini kementerian pendidikan yang semestinya pelaksanaannya tanggal 2 Mei 2022 tetapi bertepatan dengan hari raya Idulfitri sehingga untuk menghormati daripada jasa pejuang pendidikan khususnya KI Hajar Dewantara itu Menteri Pendidikan mengalihkan di tanggal 13 serentak seluruh Indonesia hari ini termaksud Wakatobi dan Kecamatan Binongko ini berdasarkan juga perintah dari Bupati sekaligus ke dinas pendidikan,” kata pengawas sekolah di Kecamatan Binongko, Sapuddin,S. Pd. SD saat ditemui Panduanrakyat.com.

Lanjut, ia menjelaskan sengajah upacara ini para peserta menggunakan pakain adat, hal itu merupakan instruksi dari kementrian pendidikan.

“Ketentuan dari pusat bahwa pakaian untuk peserta upacara itu menggunakan pakaian adat tradisional yang pantas,” jarnya.

Lanjut, ia menjelaskan pelaksanaan upacara kali ini berbeda dengan tahun lalu. Sebab, tahun ini upacara hari pendidikan bertepatan dengan ujian nasional.

“Untuk guru seluruh yang ada di Kecamatan Binongko. Hanya agak kurang sedikit karena bertepatan dengan Ujian Sekolah. Jadi, sebagian guru itu melaksanakan tugas sebagai pengawas di ruang ujian dan yang berkesempatan itu yang hadir pada saat upacara ini. Siswanya khusus yang ada di Ibu Kota Kecamatan”, ujarnya.

Sebagaimana diketahui Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, akan tetapi karena bersamaan dengan Hari Raya Idulfitri, maka peringatan Hardiknas dilaksanakan secara serentak pada hari ini.

Peliput: Ika Fitriani