Panduanrakyat
Buton

Festival Wasuemba Happy Nice Meriakhan HUT Wasuemba ke-44

PANDUANRAKYAT, BUTON- Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton yang ke-44 dimeriahkan dengan Festival Wasuemba Happy Nice 2023.

Giat yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si ini berlangsung di Lapangan Kantor Desa Wasuemba, pada Rabu 15 November 2023 sore.

Acara dimulai dengan karnaval potensi dari 4 dusun yang ada di Desa Wasumeba, kemudian dilanjutkan dengan tarian kolosal yang penarinya berasal dari anak kecil hingga dewasa.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 4 hari dan akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan salah satunya acara Pindoko atau tombak-tombak ikan yang akan dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara.

Di awal sambutannya Sekda Buton menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Desa dan seluruh masyarakat Desa Wasuemba yang dengan bahu-membahu dengan persatuan yang begitu tinggi mengadakan kegiatan seremoni seperti acara tersebut.

“Kegiatan seperti ini tidak dapat diadakan kalau tidak ada persatuan di seluruh masyarakat Wasuemba. Apalagi pelaksanaan Wasuemba Happy Nice tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu karena satu-satunya ulang tahun desa bisa menghadirkan artis ibu kota. Hal Ini bisa terjadi karena ada kolaborasi dengan Desa Wasuemba, Dinas Pariwisata Kab. Buton, dan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, ini bukan hal yang mudah kita adakan seperti ini,”ucapnya.

Mantan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Buton ini menjelaskan setelah menyaksikan karnaval potensi dari masing-masing dusun, mulai dari Dusun Wasuemba, Dusun Bantea, Dusun Ngapa, dan Dusun Peropa yang dihapal oleh Sekda walaupun hanya sepintas sehingga Ia menganggap dirinya telah menjadi bagian dari masyarakat Wasuemba.

“Potensi ini bisa kita manfaatkan untuk menarik wisata baik lokal maupun mancanegara, seperti yang dikatakan kepala desa dan ketua panitia bahwa Wasuemba selalu akan berbenah dalam meningkatkan potensi wisatanya. Desa Wasuemba sudah masuk 200 desa wisata, ini luar biasa, karena desa di Indonesia puluhan ribu, selamat buat kepala desa dan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya Sekda menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten akan terus meningkatkan wisata di Desa Wasuemba.

“Jadi potensi yang ada di Wasuemba ini yang kita maksimalkan karena sudah ada potensinya. Jadi saya ucapkan selamat kepada Desa Wasuemba yang sudah melaksanakan kegiatan seperti ini karena ini juga membantu mempromosikan wisata di Kabupaten Buton,” tutupnya. (*)