Panduanrakyat
Peristiwa

Dihantam Badai di Perairan Lasalimu, Kapal Rute Buton-Wakatobi Mati Mesin, Air Mulai Masuk

Tim Rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan RIB diberangkatkan menuju Last Known Position untuk memberikan bantuan SAR

PANDUANRAKYAT, BUTON- Kapal Motor (KM) Putra Rahim dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) tujuan Wakatobi dilaporkan mengalami mati mesin di tengah laut, Kamis (23/12/2021).

Kapal rute Malaoge – Binongko dengan muatan kayu itu dalam perjalanannya dihantam oleh badai disekitar perairan Lasalimu.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi menjelaskan pihaknya menerimah informasi tersebut pada pukul 10.37 Wita, dimana Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari seorang keluarga korban, Rahman melaporkan bahwa pada pukul 08.00 Wita KM Putra Rahim dengan memuat tiga orang Anak Buah Kapal mengalami mati mesin disekitar perairan Lasalimu Kabupaten Buton.

Dalam kaporannya, kondisi kapal telah kemasukan air dan terombang-ambing di lautan.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 10.55 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan RIB diberangkatkan menuju Last Known Position untuk memberikan bantuan SAR. Jarak Last Known Position dengan dermaga marina tempat sandar Rigid Inflatable Boat sekitar 13 Nautical Mile / Mil Laut,” ujar dia dalam keterangan rilisnya, Kamis (23/12/2021).

Lanjut, Dijelaskannya, kronologi peristiwa itu, bermula pada pukul 08.00 wita, Kapten kapal menghubungi keluarganya, Rahman yang menginformasikan bahwa kapal KM Putra Rahim rute Malaoge – Binongko dengan muatan kayu, dalam perjalanan dihantam oleh badai disekitar perairan Lasalimu yang menyebabkan mesin kapal mati dan air mulai masuk kedalam kapal. (*)