Panduanrakyat
Buton

BPBD Buton Laksanakan Pelatihan Tim Reaksi Cepat dan Penyelamatan Evakuasi Korban Bencana

PANDUANRAKYAT, BUTON- Pemerintah kabupaten Buton melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton menyelengarakan Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Sosialisasi Penyelamatan Evakuasi Korban Bencana.

Penjabat (Pj) Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si membuka kegiatan yang berlangsung di Aula SMKN 2 Buton, Pasarwajo, Kamis 14 Desember 2023.

Pada kesempatan itu, Mustari berharap Anggota Tim Rekasi cepat (TRC) Buton menjadi tim yang cepat, cermat, dan cekatan dalam mengahadapi kebencanaan.

Bukan hanya itu, Kepala Daerah di Bumi Penghasil aspal Alam terbesar di dunia itu menegaskan TRC harus mampu membantu seluruh masyarakat terutama warga Kabupaten Buton untuk selamat dan tangguh bersama dalam menghadapi bencana sehingga dapat membantu pemerintah Kabupaten Buton dalam hal pembangunan berkelanjutan.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang kerap kali terjadi pada musim penghujan,” katanya.

TRC merupakan tugas kemanusiaan dalam pencarian, pertolongan dan penanggulangan bencana alam dan non alam yang terjadi di Indonesia terkhusus di Kabupaten Buton.

“Untuk itu kepada seluruh peserta pelatihan TRC untuk dapat senantiasa bersungguh-sungguh dalam meningkatkan mutu dan performa lembaga sehingga semakin kopeten dan memiliki kualifikasi yang mampu melayani dan mengayomi masyarakat Kabupaten Buton,” katanya.

Pj. Bupati Buton juga berharap agar seluruh masyarakat dapat saling berkolaborasi antar elemen pentahelix guna mendukung upaya pengurangan risiko bencana diperlukan sinergi antara pemerintah dan masyarakat.

“Saya juga berharap TRC Kabupaten Buton akan lebih terdepan dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta selalu menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Buton,” pungkasnya.

Hadir dalam giat tersebut Kapolres Buton, Dandim 1413 Buton yang diwakili Danramil 1413 Pasarwajo, yang mewakili Basarnas Baubau dan para pejabat eselon II Lingkup Pemkab Buton. (*)