Panduanrakyat
Buton

Tujuh Hari Tak Ditemukan, Pencarian Nelayan Wabula Buton Dihentikan

PANDUANRAKYAT, BUTON- Pencarian nelayan bernama Dusman (56) yang hilang saat melaut disekitar perairan Desa Holimombo, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton resmi dihentikan, Selasa (13/2/2024).

Hingga hari ketujuh pencarian, keberadaan nelayan asal Desa Desa Holimombo Kecamatan Wabula Kabupaten Buton itu belum juga ditemukan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari, Muhamad Arafah menjelaskan di pencarian terkhir, Tim SAR Gabungan melakukan Ops SAR dengan membagi 2 Tim. Diantaranya: Tim 1 dengan menggunakan RIB menyisir seluas 36 NM² dan Tim 2 dengan menggunakan 6 longboat menyisir seluas 36 NM²

Namun, hingga memasuki pukul 15.00 Wita Pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan hasil Nihil.

“Mengingat Ops SAR telah memasuki hari ke- 7 dan tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan korban serta hasil koordinasi dengan pihak terkait termasuk keluarga korban, Ops SAR terhadap 1 (satu) orang nelayan hilang disekitar perairan Desa Holimombo Kecamatan Wabula dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing, ” Ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2/2024).

Lanjut, kata dia Ops SAR dapat dibuka kembali apabila diketemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Untuk diketahui, kronologis peristiwa itu bermula pada Selasa 6 Februari 2024 pukul 17.30 Wita, korban pamit kepada istrinya untuk turun melaut menuju rumpon milik korban dengan menggunakan longboat. Jarak rumpon korban dari Desa sekitar 1,5 NM.

Pada pukul 18.15 Wita seorang nelayan La Tini yang juga warga Desa Holimombo menemukan longboat milik korban dalam keadaan kosong sekitar 1 NM dari daratan, selanjutnya korban membawa longboat tersebut menuju darat dan memberitahukan istri korban terkait penemuan longboat tersebut. (*)