Panduanrakyat
Desa

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Lasembangi, Kades Sapa Parta Bantu para Petani

Ketgam: Kepala desa Lasembangi, Saba Parta mengenakan baju garis-garis kuning putih sedang menyerahkan pupuk kesalah satu warga di halaman kantor Desa Lasembangi, Kamis (16/6/2022)/ foto: Istimewa

PANDUANRAKYAT, BUTON- Pemerintah Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton di bawah kepemimpinan Saba Parta terus hadir untuk rakyatnya. Kali ini mengucurkan bantuan ke petani lokal untuk peningkatan ketahanan pangan.

Saba Parta mengalokasikan anggaran program ketahanan pangan sebanyak 20 persen dari dana desa (DD). Dari jumlah itu, 30 persen diantaranya pangadaan pupuk dan 70 persennya digunakan menunjang kegiatan pertanian. Seperti, perbaikan beberapa fasilitas pertanian.

Untuk pengadaan pupuk ini telah direalisasikan. Kepala Desa Saba Parta sudah membagikan bantuan itu kepada para petani di pelataran Kantor Desa Lasembangi pada Kamis 16 Juni 2022 lalu.

Bantuan obat penyubur tanaman itu berupa pupuk cair. Setiap kepala keluarga yang memiliki lahan pertanian baik holtikultura mau pun tanaman pangan diberikan sebanyak 1 liter.

Kepala Desa Lasembangi, Saba Parta menjelaskan untuk meningkat hasil pertanian, selain peran pemerintah juga dibutuhkan peran masyarakat. Sinergitas ini sangat dibutuhkan untuk keberhasil petani.

“Di desa kami ini ada yang namanya dana ketahanan pangan sebanyak 20% dari total Dana Desa Pemdes Lasembangi dan itu kami membagi menjadi 2 bagian yaitu pengadaan pupuk 30% dan 70% untuk perbaikan fasilitas pertanian agar akses ke lahan masyrakat saat mengambil hasil pertaniannya tidak susah,” ujar dia saat di temui di ruang kerjanya, Jumat (17/6/2022)

Lanjut, Saba berharap para petani yang telah mendapatkan pupuk untuk memanfaat bantuan tersebut guna meningkatkan hasil produksi pertanian di Lasembangi.

“Saya berharap semoga dengan bantuan yang kami berikan ini bisa meningkatkan produksi pertanian di Lasembangi agar bisa meningkatkan kesejahteraan utamanya bagi para petani,” tandasnya.

Peliput: Toni Armin Syah