Panduanrakyat
Wakatobi

Terombang-ambing di Perairan Karang Kapota, Nelayan Wakatobi Berhasil Dievakuasi

Tim Rescue Pos SAR Wakatobi sedang mengevakuasi La Gela (34) di Lokasi Kejadian Kecelakaan/ Foto: Istimewa Panduanrakyat.com

PANDUANRAKYAT, WAKATOBI-Tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil mengevakuasi La Gela (34), Warga Desa Numana, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi korban yang dilaporkan longboat di kendarainya terlepas baling-baling dan terombang-ambing disekitar Perairan Karang Kapota, Kabupaten Wakatobi, Jumat (4/3/2022).

Korban ditemukan dihari yang sama pada pukul 14.58 WITA, dalam keadaan selamat sekitar 6,9 NM arah barat laut dari perkiraan lokasi kejadiaan kecelakaan (LKK).

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi menjelaskan usai ditemukan, selanjutnya korban dievakuasi ke pelabuhan Rakyat Desa Numanapada pukul 15.30 WITA.

“Tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba dipelabuhan rakyat desa Numata dan korban diserahkan kepada pihak keluarga. Dengan diserahkannya korban kepada pihak keluarga, Operasi SAR terhadap satu buah longboat dengan POB 1 orang mengalami lepas baling-baling disekitar Perairan Karang Kapota, Kabupaten Wakatobi dinyatakan selesai dan ditutup,” ujar dia dalam keterangan rilisnya, Jumat (4/3/2022).

Diberitakan sebelumnya, sebuah longboat yang di tumpangi La Gela (34), Warga Desa Numana, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi dilaporkan lepas baling-baling dan terombang-ambing disekitar Perairan Karang Kapota, Kabupaten Wakatobi, Jumat (4/3/2022).

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi menjelaskan pihaknya mengetahui peristiwa itu pukul 13.25 WITA, dimana Comm Centre Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari menerima informasi dari keluarga korban, Sanuria melaporkan bahwa pada pukul 13.00 WITA, telah terjadi kecelakaan kapal.

“Berdasarkan laporan tersebut diatas, pada pukul 13.45 WITA, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi kejadian kecelakaan (LKK) dengan menggunakan Perahu Karet Kaku atau Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan SAR.

“Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 12 NM,”ujar dia dalam keterangan rilisnya, Jumat (4/3/2022).

Lanjut, Wahyudi menjelaskan kronologis peristiwa itu bermula pada pukul 11.00 WITA, longboat tersebut berangkat dari Desa Numana menuju karang Kapota untuk memasang bubu.

“Dan pada pukul 13.00 WITA, longboag tersebut terlepas baling-balingnya sehingga tidak dapat lagi melanjutkan ke tempat yang dituju, korban telah berusaha mendayung namun arus disekitar LKK sangat kuat sehingga korban menghubungi pihak keluarga yang ada di Numana untuk menghubungi pihak Basarnas,” tandasnya. (*)