Panduanrakyat
Sultra

Satpol PP Mubar, Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran Dalam Daerah

PANDUANRAKYAT, MUNA BARAT -Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran dan penanggulangan kebakaran.

Hal ini dilakukan agar daerah Kabupaten Muna Barat aman dari bahaya atau ancaman kebakaran.

Sosialisasa yang diikuti 110 orang dari 11 Kecamatan itu di laksanakan di gedung serbaguna Desa Suka Damai, Kecematan Tiworo Selatan, Kabupaten Muna Barat, Rabu( 29/6/2022).

Kasat Pol PP Muna Barat, Liber S,pt. Melalui Kepala Bidang Pemadan Kebaran, Haerun menjelaskan tujuan di laksanaknannya sosialisasi pencegahan kebakaran adalah untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan, pembentukan sikap dan prilaku anggota Damkar dan masyarakat.

“Dan meningkatkan kemampuan anggota Damkar dan masyarakat dalam melaksanakan tuga, serta membantu melakukan pencegahan kebakaran. Serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat mengetahui bahaya kebakaran, sehingga dapat diminimalisir sekecil mungkin,” ujar dia.

“Saya berharap kepada seluruh masayarakat agar waspada di setiap saat kemungkinan timbulnya sember – sumber api, baik dari sumber listrik maupun dari api dapur,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap agar peserta sosialisasi dapat menyampaikan kembali ke pada masyarakat yang tidak sempat menghadiri pelatihan tentang pengetahuan yang di peroleh pada kegiatan sosialisasi ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, La Ode Mirat berharap agar peserta sosialisasi tersebut, bisa menyebar luaskan kepada masyarakat di rumah bahwa betapa pentingnya pencegahan kebakaran.

“Pencegahan lebih penting dari pada penangulangan”, ucapnya.

Sementara peserta sosialisasi pencegahan kebakanran, Jhoni Rahin mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait dalam hal ini Satuan polisi Pamong Praja Muna Barat, yang sudah melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran dalam daerah.

Dengan pelatihan ini, kata dia sebagai masyarakat dapat mengetahui bagaimana langkah pertama sebelum mnghubuingi pihak pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Jadi harapan saya kepada dinas terkait dalam hai ini satpol pp Muna Barat, agar kiranya bisa mengadakan mobil laut atau motor laut, yang memang tugasnya seperti mobil Damkar, yang bisa memadamkan api, untuk saudara – saudara kita yang ada di pulau – pulau,” harapnya.

Penulis : ( S )