Panduanrakyat
Baubau Buton Selatan

Mati Mesin di Laut Batuatas, Puluhan Penumpang Kapal Rute Baubau-Buton Selatan Dievakuasi

PANDUANRAKYAT, BAUBAU- Sebuah kapal bernama KM Argadize yang mengangkut 43 penumpang rute Pelabuhan Murhum, Kota Baubau – Pulau Batuatas, Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengalami mati mesin disekitar perairan Batuatas, Selasa (12/12/2023).

Puluhan penumpang yang ada dalam kapal itu sempat panik menunggu dievakuasi Tim SAR.

Kapal GT 35 berangkat dari pelabuhan Murhum Baubau pada pukul 07.00 Wita menuju Pulau Batuatas, pada pukul 11.00 Wita kapal mengalami mati mesin sekitar 17 NM Arah sebelah selatan Pulau Batuatas.

Setelah kurang lebih enam jam terombang ambing di laut, Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari dari Tim Rescue Pos SAR Baubau berhasil menemukan titik kapal dan mengevakuasi puluhan penumpang itu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari, Muhamad Arafah menjelaskan pada pukul 13.32 Wita, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari ABK Kapal, Joy yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal terhadap KM Argadize.

“Berdasarkan informasi tersebut, pada pukul 13.45 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RB 210 untuk memberikan bantuan SAR
Jarak lurus LKP dengan Pos SAR Baubau sekitar 34 NM,” Ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/12/2023).

“Pada pukul 15.35 Wita terima informasi dari salah seorang ABK yang melaporkan bahwa kapal KM Argadize telah ditarik ke pelabuhan Batuatas oleh kapal Q Express dan telah tiba dipelabuhan dengan membawa seluruh POB kapal dalam keadaan selamat,” Sambungnya. (Gus)