Panduanrakyat
Baubau

Kapolres AKBP Bungin Pimpin Apel Gelar Pasukan, Polres Baubau Mulai Sweeping 4 Maret 2024

PANDUANRAKYAT, BAUBAU- Kepolisian Resor (Polres) Baubau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Anoa 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan.

Apel yang dipimipin Kapolres AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, Msi, sebagai perwira apel Kasat Lantas Polres Baubau AKP Ridwan, S.Tr.K, SIK dan sebagai Komandan apel KBO Sat Lantas Polres Baubau Ipda Marwan itu berlangsung di lapangan apel Polres Baubau, Sabtu (02/03/2024).

Adapun waktu pelaksanaan sweeping ini akan berlangsung selama 14 hari, Terhitung 4- 17 Maret 2024, secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam apel gelar pasukan ini, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, Msi membacakan amanat Kapolda Sulawesi Tenggara.

Dimana, kata dia, diketahui dinamika permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini merupakan konsekuensi dari peningkatan ruas jalan, jumlah kendaraan bermotor, dan populasi penduduk yang semakin padat, sehingga ikut berdampak terhadap peningkatan mobilitas kegiatan masyarakat.

Berbagai permasalahan tersebut diantaranya adalah meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas, sehingga memerlukan upaya penanganan secara profesional dan komprehensif, agar tercipta kamseltibcarlantas sebagaimana yang diharapkan.

“Kita menyadari, bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas, dibutuhkan strategi yang tepat, disertai kerjasama dan peran aktif dari seluruh stakeholder serta instansi pemerintah terkait yang bertanggung jawab dalam pembinaan kamseltibcar lantas, untuk bersama-sama melakukan upaya nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan berlalu lintas di wilayah Sultra,” Ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/3/2024).

Mencermati berbagai permasalahan di bidang lalu lintas itu, Presiden Republik Indonesia mengeluarkan instruksi presiden nomor 4 tahun 2013 tentang program dekade aksi keselamatan jalan, yang memuat lima pilar utama dalam manajemen keselamatan jalan, yaitu: jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Menindaklanjuti ketentuan tersebut, pengemban fungsi operasional polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan, yang kali ini dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi kamseltibcarlantas jelang perayaan Idul Fitri 1445 hijriah / tahun 2024 serta untuk meminimalisir kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah Sultra.

Operasi keselamatan tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan di jalan ini, merupakan salah satu upaya polri dalam rangka meningkatkan keselamatan berlalu lintas masyarakat, yang dilaksanakan melalui pendekatan persuasif dan edukatif dengan persentase kegiatan preemtif 50% serta preventif 50%, sedangkan penegakan hukum dilakukan secara selektif prioritas terhadap pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas utamanya balap liar, kendaraan over dimensi dan over loading, serta pelanggaran TNKB yang tidak sesuai spesifikasi teknis namun dengan mengedepankan pendekatan yang humanis.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan operasi agar mengutamakan faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan personel pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, serta pedomani standar operasional prosedur yang telah ditetapkan,” Ujarnya

“Saya mengucapkan “Selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi “Keselamatan Anoa 2024”, ” Sambungnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Anoa – 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan di hadiri oleh yang mewakili Dandim 1413 Buton, yang mewakili DPRD Kota Baubau, Dan Subdenpom Baubau, Kadishub Kota Baubau, Kasat Pol PP Kota Baubau, Jasa Rahaja Kota Baubau, Kepala Sekolah SMP 18 Baubau, Kepala SD N 2 Baubau, PJU Polres Baubau dan para Perwira serta Kapolsek Jajaran Polres Baubau.

Apel gelar pasukan tersebut di ikuti oleh pasukan 1 pleton Kodim 1413 Buton, 1 pleton Sat Polairud, 1 pleton Sat Samapta, 1 pleton gabungan staf, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba, 1 pleton Sat Pol PP Kota Baubau, 1 pleton Dishub Kota baubau, 1 pleton Maxim Kota Baubau, 1 pleton SMP 18 Baubau dan 1 pleton SD N 2 Baubau. (Gus)