Panduanrakyat
Buton

Cerita Mistik Tanjung Pemali Buton, Lokasi Tabrakan Kapal Sumber Rejeki 03 dan MV Sami

PANDUANRAKYAT, BUTON-Kapal Motor (KM) Sumber Rejeki 03 rute Binongko Wakatobi menuju Kota Baubau bertabrakan dengan kapal MV Sami rute Banjarmasin menuju Maluku Utara disekitar Perairan Tanjung Pemali, Kabupaten Buton, Sabtu 21 Oktober 2023 pukul 03.00 Wita lalu.

Tanjung Pemali berada di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton dan Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel) terkenal dengan nama Pantai Lakadao.

Sejak peristiwa tabrakannya KM Sumber Rejeki 03 dan MV Sami Tanjung Pemali kembali diperbincangkan. Sebab menimbulkan korban jiwa. Satu ABK hilang tak ditemukan. Sedangkan seorang Nakhoda dilaporkan meninggal dunia.

Sering terjadinya kecelakaan di tanjung tersebut, dikait-kaitkan dengan cerita mistik. Bahkan tanjung pemali masih dikeramatkan warga setempat.

Menurut cerita legenda masyarakat, kisah mistis tanjung pemali bermula dari pernikahan sedarah. Kakak beradik menikah tanpa saling mengetahui.

Pasalnya, sejak kecil mereka terpisah. Sang lelaki merantau mencari rezki. Sedangkan adik perempuannya tetap berada dikampung halaman.

Biar nanti saling mengenal keduanya diberi penanda batok kelapa sebagai penanda tali persaudaraan.

Seiring berjalannya waktu, tiba lah saatnya balik dari perantauan, di kampung halaman, kakak lelaki yang disebut “sangia” itu membuka sayembara. Mencari istri.

Dalam pencariannya, tiba-tiba muncul cahaya terang dari ujung tebing. Sangia mendatangi sumber cahaya. Betapa terkejutnya, sinar terpancar dari gadis cantik jelita. Ia adalah Wabula- Bula yang tidak lain adalah saudaranya sendiri.

Karena tidak saling mengenal, Sangia menikahi Wabula-bula. Dalam perjalanan bahligai rumah tangganya, Wabula-bula sadar, ternyata suaminya adalah kakak kandungnya. Singkat cerita, mereka pun dikenai sanksi adat. Ditenggelamkan di tanjung yang saat ini dikenal tanjung pemali.

Saat dibuang kelaut, keduanya berubah wujud menjadi gurita. Masyarakat Wabula, percaya hingga kini Sangia dan Wabula-Bula masih sering muncul dipermukaan laut dengan wujud gurita yang cukup besar.

Namun dibalik cerita mistiknya, pantai Lakadao menyimpan keindahan air laut luar biasa dengan riak ombak tenang saat menyapu bagian bibir pantai berbatu yang memancakan mata. (*)