Panduanrakyat
Buton

Buaya Teror Warga saat Banjir Rendam Pemukiman di Buton

ketgam; Banjir Rendam Pemukiman Warga di Desa Lasembangi, Jumat (24/6/2022) / Foto: Istimewa Panduanrakyat.com

PANDUANRAKYAT, BUTON- Banjir terus merendam perkampungan di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton. Di tengah kondisi sulit, warga harus tetap waspada karena ada buaya masuk ke permukiman warga karena banjir.

Banjir di Kecamatan Lasalimu terjadi setelah hujan deras yang terus mengguyur wilayah itu selama sepekan terakhir. Akibatnya banjir tetap konsisten menggenagi sejumlah desa, sebut saja Desa Lasembangi dan Wagari.

Kepala Desa Lasembangi Sabaparta menjelaskan di desa yang dipimpinnya, banjir mulai surut beberapa hari terakhir, hal ini membuat sejumlah warga yang mengungsi memutuskan untuk kembali ke kediaman masing-masing.

Penampkan seekor buaya di tengah pemukiman warga di Desa Lasembangi/ Foto: Istimewa Panduanrakyat.com

Hanya saja, sejak Rabu (22/6/2022) sampai saat ini hujan kembali mengguyur pemukiman warga. Akibatnya banyak warga yang terjebak di kediaman masing-masing.

“Saat ini persedian bahan makan sudah hampir tidak ada di karenakan untuk mau pergi membeli di warung terdekat tidak bisa di sebabkan banjir yang sudah mencapai sekitar 130 CM dan bantuan yang kami dapatkan baru yang di berikan beberapa hari lalu oleh Bupati Buton,” ujar dia saat di hubungi Panduanrakyat.com, Jumat (24/6/2022).

Untuk mengeluarkan warga dari kediamannya, Saba berharap agar pihak BPBD atau dari manapun untuk segera mengirim perahu karet agar warga yang terjebak banjir dapat dievakuasi

“Saya khawatir jika masih hujan terus turun maka kemungkinan rumah warga yang akan terendam bertambah  sedangkan sekarang ini sudah ada sekitar 37 rumah sudah terendam,” jelasnya.

Semantara itu, warga setempat, Maichel mengaku untuk keluar rumah, takut untuk menerobos banjir karena sejak beberapa hari terakhir buaya sering menampakkan diri.

“Biasanya itu buaya muncul di malam hari tetapi akhir-akhir ini Sudah muncul juga walau siang hari bisanya dia muncu dari arah rumah bapak Nanang yang tukang mebel itu,” jelasnya.

Peliput ; Toni Armin Syah