Panduanrakyat
Buton

Balitbangda dan UHO Seminar Kaji Hari Jadi Kabupaten Buton

PANDUANRAKYAT, BUTON- Pemerintah Kabupaten Buton melaui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) bekerjasama dengan Lembaga Penelitan dan Pengembangan Kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan seminar kajian hari jadi Kabupaten Buton.

Seminar yang dibuka oleh Wakil Bupati Buton, Iis Elianti ini dilaksanakan di salah satu rumah makan di Pasarwajo, Selasa, 07 Desember 2021.

Seminar ini dalam rangka mendukung program lingkup kerjasama sesuai Nota Kesepahaman (MOU) antara Pemkab Buton dengan UHO tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat .

Dalam kesempatan itu, Iis menjelaskan estafet perjuangan berdirinya Kabupaten Buton sambung-menyambung tak kenal putus. Semangat perjuangan dan pengorbanan itu menjadi warisan luhur sejarah yang tak kenal padam di tengah hantaman perubahan zaman. Semangat inilah yang harus dijaga dan warisi dari pendiri daerah Kabupaten Buton .

Wakil Bupati Buton berharap agar potensi potensi besar Kabupaten Buton harus dimanfaatkan secara optimal dan dikelola secara bijaksana agar dapat berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Semangat mewujudkan kesejahteraan potensi yang dimiliki Kabupaten Buton, baik sumberdaya manusia maupun sumber daya alam yang cukup melimpah ini, semoga menjadikan buton memiliki daya saing yang tinggi secara regional maupun nasional,” kata Wakil Bupati Buton.

Menurut Iis untuk mencapai hal tersebut butuh presepsi yang sama serta komitmen seluruh pemangku kepentingan Kabupaten Buton. Sebab pemerintah daerah tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut jika tidak ada dukungan semua pihak.

Terlebih lagi di tengah keberagaman yang ada baik perbedaan pandangan, pemahaman, pemikiran serta perbedaan warna, namun tetap memiliki niat yang sama yakni untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Buton .

“Perbedaan itu adalah sunatullah, apabila perbedaan tersebut dikelola dengan baik maka akan memunculkan kekuatan yang dahsyat, dalam mendorong kemajuan daerah ditengah persaingan Global yang sangat tinggi dan cepat. Untuk itu seminar ini sangatlah tepat dilaksanakan untuk mengulas kembali tentang berdirinya daerah Kabupaten Buton,” tandasnya.

Peliput: Raffa